• RSS
Latest Post
Loading...

Sunday, November 22, 2015

Cara Menyimpan Oli Mesin Yang Baik dan Benar

in Otomotif


Sepintas Berita - Semua jenis oli sama semuanya, mau berbeda pada mereknya fungsinya pun  tetap sama. Walau merek berbeda pastinya kualitas tetap sama semuanya kan, dan semua oli fungsinya untuk melumasi mesin atau besi-besi yang ada di dalam mesin agar kerja mesin tetap optimal, sehingga mesin akan tetap dingin dan gesekan anatar besi di mesin tidak terjadi gesekan secara langsung. Nah pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman, yaitu bagaimana cara menyimpan oli mesin yang baik dan benar.

Oli Mesin Motor

Biasanya orang yang mengganti oli mesin pada motor, mereka menyisakan oli untuk penggantian oli mesin pada berikutnya. Dengan hal itu tentu harus menyimpang oli yang masih tersisa tersebut, dari pada di buang dan menjadi mubasir, akan lebih baik di simpan untuk pergantian oli mesin berikutnya. Nah untuk menyimpan ini pun tidak sembarang menyimpang agar kualitas oli tersebut tetap terjaga.

Yang pertama saat menyimpan oli adalah menutupnya dengan rapat sehingga debu atau air tidak bisa masuk ke oli tersebut. Jika debu maupun air bisa masuk kedalam botol oli dan tercampur akan menyebabkan oli tidak maksimal pada kinerjanya. Dan perlu diperhatikan adalah menyimpan oli tersebut di tempat yang suhu nya sejuk, jangan sampai terkena sinar matahari karena dapat menyebabkan kualitas oli bisa menurun, sehingga tidak optimal lagi jika di gunakan. 

Jika penyimpanan dengan benar maka kualitas oli akan tetap terjaga walapun di simpan dengan waktu yang sangat lama. Namun saat ingin di gunakan di kocok terlebih dahaulu agar sintetik dan mineralnya bisa tercampur kembali.  Nah itulah cara menyimpan olidengan baik dan benar, semoga bermanfaat!!